Kamis, 04 November 2010

TNI Bangun Fasilitas Umum di Pulau Terluar

NATUNA – Sebanyak 150 Tentara Nasional Indonesia (TNI) membangun sejumlah fasilitas umum dan perumahan warga di pulau terluar Indonesia yang ada di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulaun Riau



Komandan Kodim 0318 Natuna Letkol Arm. Jolly Suawa mengatakan, dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-85, pihaknya membangun sejumlah fasilitas umum dan perumahan warga di lima desa yakni Desa Sedarat Baru, Desa Gunung Putri, Desa Batubi Jaya, Desa Sumedang dan Desa Sedanau Timur.

Lima desa tersebut berada di pulau terluar yang terletak di laut Cina selatan berbatasan dengan negara tetangga Malaysia.

“Natuna merupakan wilayah perbatasan yang perlu dijaga kewaspadaanya dalam menghadapai ancaman penjajah. Untuk itu dengan program Manugggal membangun desa diharapkan peran masyarakat dalam membantu TNI mengamankan pulau terluar,” katanya, Rabu (3/11).

Sejumlah fasilitas umum yang dibangun antara lain dua unit posyandu, halte bus, MCK (Mandi Cuci Kakus), dua unit poskamling, dan gedung serbaguna. Selain itu juga dibangun puluhan unit rumah bagi warga kurang mampu.

TNI juga melakukan renovasi pelantar sepanjang 150 meter untuk memudahkan warga dalam melakukan aktivitas di laut. Selain itu juga dibangun sarana air bersih dengan luas 16 meter persegi. Pembangunan sarana air bersih itu sangat diharapkan warga karena selama ini masyarakat di Natuna kekurangan air bersih.

Camat Bunguran Barat Kabupaten Natuna Saidir menyambut positif langkah yang dilakukan TNI dibantu warga tersebut. Kegiatan itu telah membangkitkan semangat warga untuk bekerja lebih keras dan membangun perekonomiannya.

"Diharapkan ke depannya, kegiatan TMMD ini dapat kembali dilaksanakan di wilayah Kecamatan Bunguran Barat ini, karena masih banyak rumah warga yang tidak layak huni yang perlu direnovasi. Kemudian dengan adanya TNI masuk desa ini, kami merasa terbantu, terutama dalam hal pembangunan infrastruktur desa," katanya. (gus).

Tidak ada komentar: