Selasa, 28 Juni 2011

Batavia Air Mengalami Insiden Pecah Ban



BATAM – Pesawat Batavia Air dengan nomor penerbangan Y-536 dari Surabaya menuju Batam mengalami insiden pecah ban sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Seluruh penumpang dikabarkan selamat.



Kabid Operasional Bandara Hang Nadim, Pantun Banjarnaho mengatakan, pesawat yang mengalami pecah ban itu milik maskapai penerbangan Batavia Air. Pesawat dengan nomor penerbangan Y-536 terbang dari Surabaya menuju Batam pada hari Senin (20/6).

Ketika mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, pesawat tersebut mengalami gangguan yakni pecah ban sekitar pukul 08.15 pagi. Kejadiannya bermula ketika pesawat menuju apron, setelah berbelok dari run way ke taxi way, ban sebelah kanan pecah. Hal itu diduga disebabkan system pengereman mengalami kerusakan.

“Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, namun untuk penerbangan berikutnya yang mestinya dilakukan pesawat itu ke Palembang harus mengalami penundaan (delay) selama satu jam,” katanya, Senin (20/6). Kejadian itu juga tidak sampai mengganggu operasional bandara Hang Nadim Batam.

Pesawat yang mengalami pecah bank itu, dijadwalkan take off sekitar pukul 09.00 WIB akhirnya digantikan pesawat pengganti yang didatangkan Batavia dari Jakarta dan berangkat pada pukul 10.00 WIB.

Salah seorang penumpang yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, insiden tersebut sempat membuat penumpang panik, namun kondisi bisa diatasi karena pada saat ban pecah kecepatan pesawat dalam posisi rendah karena ingin berhenti, sehingga tidak ada penumpang yang mengalami luka serius.

"Saat mengalami pecah ban, kecepatan pesawat tersebut dalam keadaan pelan, seluruh penumpang dalam keadaan selamat," katanya.

Seluruh penumpang akhirnya diturunkan di runaway dan dijemput dengan menggunakan bus menuju terminal kedatangan penumpang.(gus).

Tidak ada komentar: