Minggu, 03 Januari 2010

Pesta Pergantian Tahun Meriah di Batam



BATAM – Walikota Batam meresmikan program Visit Batam 2010 bersamaan dengan pesta kembang api pukul 00 WIB di dataran Taman Engku Putri Batam Centre sesaat menjelang pergantian tahun baru.




Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan, pemerintah daerah telah mencanangkan tahun 2010 sebagai tahun kunjungan wisata atau Visit Batam 2010. Untuk itu, makna pergantian tahun pada saat ini sangat special bagi Batam karena pemerintah akan mendorong kemajuan industri wisata.

Oleh karena itu, pemerintah daerah bersama dengan sector swasta telah menyiapkan banyak program untuk menjaring wisatawan datang ke Batam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Guntur Sakti sebelumnya melepas secara simbolis tiga turis asal Singapura di Terminal Feri International Batam Center, Kamis (31/12) malam. Ketiga turis itu merupakan wisatawan terakhir yang berkunjung ke Batam di penghujung tahun 2009.

“Pelepasan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Wisman yang telah berkunjung ke Batam,” katanya. Pelepasan Wisman tersebut ditandai dengan pengalungan karangan bunga serta penyerahan bingkisan dari Pemko Batam.

Ketiga turis yang dilepas tadi malam adalah Gafar, Rohana, dan Diana. Ketiganya merupakan warga Singapura. Rohana, satu dari para turis tersebut mengungkapkan perasaan senangnya berkunjung ke Batam. Ia bersama rekannya sudah sering berkunjung ke Batam. Batam menurutnya mampu membuat ia seperti berada di rumah sendiri.

Mengenai target kunjungan Wisman ditahun 2010 mendatang, Guntur mengatakan belum ada angka pasti. Lebih lanjut target kunjungan Wisman akan dibicarakan dengan stakeholder. Prediksi sementara target kunjungan Wisman di tahun 2010 mendatang mencapai 1,2 juta orang. Sementara dari target 1 juta kunjungan Wisman ditahun 2009 jumlah Wisman yang masuk melalui Batam sudah mencapai 937 ribu orang. Namun dengan event yang diselenggarakan Pemko Batam selama Bulan Desember Guntur optimis target tersebut tercapai.

Peresmian Visit Batam 2010 dilakukan Ahmad Dahlan pada pukul 00 WIB di dataran taman Engku Putri Batam Centre yang menjadi pusat pesta pergantian tahun di Batam.

Dalam peresmian tersebut, Walikota dan Wakil Walikota Batam secara bersama sama menekan sirine pergantian tahun yang diikuti dengan peluncuran kembang api raksasa selama sekitar 30 menit.

Ribuan masyarakat Batam memadati pesta pergantian tahun di Taman Engku Putri tersebut, selain itu ribuan warga Batam juga memadai tempat lainnya seperti kawasan wisata Ocarina di Batam Centre, Harbour Bay di Nagoya dan Jembatan Barelang.

Di halaman Engku Putri yang menjadi pusat kegiatna pergantian tahun selain pesta kembang api juga terdapat hiburan dari band lokal dan artis Ibukota seperti Lola KDI, Andy KDI, Yulia Citra dan Kity yang merupakan personil Manis Manja Group, Eva Sari dan Rury Modiska dengan dukungan grup band Republik Dangdut.

Ketika kembang api diluncurkan, sesaat langit di Dataran Engku Putri berubah menjadi indah dengan warna-warna yang indah. Moment tersebut dimamfaatkan oleh masyarakat untuk mengabadikan menggunakan camera hp. Meski berlangsung meriah namun kenduri akhir tahun dan pesta kembang api tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum kembang api diluncurkan seluruh warga yang memadati Dataran Engku Putri menyanyikan lagu nasional “Gugur Bunga”. Lagu itu dinyanyikan sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh nasional KH Abdurrahman Wahid Presiden RI ke 4 yang wafat pada Rabu (30/12). Selain menyanyikan lagu tersebut, bersama-sama juga digelar doa bersama di Masjid Raya Batam Centre.

Sementara itu, dijalan jalan utama Batam penuh sesak dengan warga yang menggunakan kendaraan merayakan pergantian tahun baru.

Selain warga Batam, pesta pergantian tahun juga banyak dikunjungi oleh wisatawan khususnya dari Singapura dan Malaysia .

Kebanyakan wisatawan dari Singapura dan Malaysia tersebut merayakan pergantian tahun di Pub dan Diskotik yang ada di seputaran Jodoh dan Nagoya Batam. Sehingga tak ayal, meskipun tiket masuk melonjak yakni 100 ribu per orang dari biasanya hanya 35 ribu per orang, namun diskotik di Batam seperti Pasifik, Planet Ozon I dan Planet Ozon II penuh sesak dengan pengunjung. Tidak ketinggalan pub di Batam juga penuh sesak seperti Pub Noname, GG Pub, Vista , Novotel. (gus).

Tidak ada komentar: