Kamis, 21 Januari 2010

Penjualan Sepeda Motor Nasional 2009 melonjak di kuartal IV

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) melaporkan angka penjualan sepeda motor nasional di bulan Desember yang melonjak 37% mendekati level 552 ribu unit dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya yang hanya sekitar 402ribu unit. Angka tersebut bahkan naik tipis sekitar 1% dibanding bulan sebelumnya dilevel kurang dari 550 ribu unit.




Namun, secara keseluruhan, angka penjualan sepeda motor nasional di tahun 2009 turun sekitar 6% menjadi 5,85 juta unit dibanding 6,22 juta unit ditahun sebelumnya. Namun, angka tersebut jauh diatas target AISI di awal tahun yang diperkirakan hanya berada dilevel sekitar 5juta unit saja ataupun target AISI di tengah tahun 5,6juta unit.

Bila kita tinjau per kuartal, nampak bahwa angka penjualan sepeda motor nasional ditiap kuartalnya terus meningkat dibanding kuartal sebelumnya. Pada tabel dibawah, tampak bahwa pertumbuhan pada kuartal terakhir menunjukkan pertumbuhan tertinggi lebih dari 21% dibanding kuartal III yang masih turun sekitar 9% dan kuartal II 18%.

Melihat pertumbuhan angka penjualan sepeda motor nasional tahun lalu, AISI optimis tahun ini angka tersebut dapat menembus 6,6 juta unit dengan melihat indikator ekonomi Indonesia akhir-akhir ini yang terus membaik. Namun, seperti juga halnya kondisi industri mobil domestik, hal itu akan sangat tergantung kondisi politik dalam negeri serta harga minyak dunia dan juga kebijakan pemerintah yang ada juga akan turut mempengaruhi kinerja penjualan otomotif tahun ini.

Tidak ada komentar: