Rabu, 11 November 2009

Konsumsi semen nasional Oktober tertinggi tahun ini

Data dari Asosiasi Semen Indonesia (ASI) menunjukkan angka konsumsi semen nasional mendekati 3,8juta ton di bulan Oktober yang merupakan angka konsumsi bulanan tertinggi tahun ini. Konsumsi semen bulan Oktober melonjak lebih dari 49% dibanding bulan sebelumnya dengan kembali normalnya jumlah hari kerja bulan tersebut pasca liburan Lebaran dibulan sebelumnya.








Secara kumulatif, konsumsi semen nasional selama sepuluh bulan pertama tahun ini turun tipis sekitar 2% yoy menjadi lebih dari 31juta ton dibanding 31,7juta ton periode yang sama tahun lalu. Disini terlihat bahwa kegiatan pembangunan di Indonesia Bagian Timur masih cukup agresif sementara kegiatan pembangunan di Jawa dan Sumatra sedikit melambat dibanding tahun lalu.

Bila diamati kinerja tiga produsen semen nasional di Indonesia, Semen Gresik (SMGR) menunjukkan kinerja yang positif dengan membukukan pertumbuhan penjualan lebih dari 2% selama sepuluh bulan pertama tahun ini ditopang oleh pertumbuhan yang agresif dari unitnya di Indonesia Timur, Semen Tonasa yang tumbuh sekitar 14%. Selama sepuluh bulan eprtama tahun ini, SMGR menjual lebih dari 14juta ton semen dibanding 13,7juta ton semen tahun lalu.

Sementara itu, Holcim Indonesia (SMCB) menjual sekitar 4,2juta ton semen atau turun lebih dari 7% yoy dari 4,5juta ton tahun lalu sedangkan Indocement TP (INTP) menjual 9,3juta ton atau turun lebih dari 9% yoy dibanding 10,2juta ton tahun lal

Tidak ada komentar: