Minggu, 04 April 2010

Kuliner - Bincang Bisnis Sambil Ngopi di Kopi Tiam



Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari orang dan percaya atau tidak, dari setiap tiga orang di dunia diperkirakan salah satunya adalah peminum kopi.




Kopi memang sungguh nikmat jika diminum baik pada pagi hari atau malam hari ketika pekerjaan menumpuk. Minuman itu juga merupakan salah satu yang paling dinikmati banyak orang, yang tidak sekadar diteguk saja, namun juga dinikmati sehingga Bisnis kopi pun telah menjadi bisnis puluhan miliar dolar AS, yang hanya mampu disaingi oleh bisnis minyak bumi.

Bagi sebagiaan besar warga kota metropolis Batam, minum kopi sudah hampir menjadi bagian kehidupan sehari hari, sehingga tidak aneh bila pagi hari di setiap sudut kota Batam yang berseliweran kedai kopi dipenuhi oleh warga mulai dari pekerja, pengusaha dan pejabat minum kopi sambil bincang bincang bisnis bahkan banyak yang melakukan transaksi bisnis bernilai ratusan juta hanya di kedai kopi.

Salah satu kedai kopi atau warung kopi yang menjadi favorit warga Batam adalah Kopi Tiam Singapura yang memiliki empat oulet di kota Batam, salah satunya di pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre yang nama outletnya “Cinna Toast”.

Ashari pendiri usaha tersebut menjelaskan, Kopi Tiam disari dari bahasa melayu berarti kedai kopi atau warung kopi. Kopi Tiam banyak tersebar di Singapura dan sebagian wilayah Malaysia dan dia mendirikan usaha tersebut mengambil ide dari konsep yang ada di Singapura lalu dipadukan dengan konsep modern kedai kopi asing di Jakarta seperti Starbuck dan lainnya.

Kata kopi sendiri diambil dari bahasa Inggris coffee yang berasal dari bahasa Arab qahwah, yang berarti kekuatan. Kemudian kata kopi yang kita kenal saat ini berasal dari bahasa Turki yaitu kahveh yang kemudian belakangan menjadi koffie dalam bahasa Belanda dan coffee dalam bahasa Inggris. Kata tersebut diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kopi.

Menurut Ashari, dia sudah puluhan tahun bergelut dalam bisnis kedai kopi dan saat ini dia sudah memiliki sekitar 9 outlet yang berlokasi di Batam, Jakarta , Semarang dan Bandung .

Kopi Tiam yang didirikan Ashari tidak hanya sekedar kedai kopi tapi memiliki interior yang modern dan target konsumen menengah atas khususnya pebisnis, mahasiswa dan pekerja.

Nuansa yang bangun sangat familiar dengan dekorasi ruangan yang kontras dipadu dengan tempat duduk terbuat dari kursi yang simple dan terkesan Jadul (daman dulu).

Selain menjual suasana, kata Ashari pihaknya juga menawarkan minuman dan makanan khas melayu dan sudah pasti menu utamanya adalah kopi. Kopi yang ditawarkan di tempat ini seperti Kopi C kopi O, Teh Openg, Teh Tarek, Yin Yang (Campuran kopi dan teh) dan lainnya yang merupakan minuman khas melayu yang banyak di jajakan di Singapura sedangkan makanan yang disajikan seprti nasi lemak, laksa singapura, mie pangsit, mie goreng dan lainnya.

Untuk merasakan hidangan itu tidak perlu mengeluarkan uang cukup besar karena harga satu gelas minuman hanya 10 ribu sampai 25 ribu rupiah begitupun dengan harga makannya.

Menurut Ashari dari seluruh menu yang ditawarkan, yang menjadi favorit saat ini adalah minuman Yin Yang yang saat ini juga ditawarkan oleh kedai kopi asing. Minuman itu merupakan campuran kopi dan teh yang rasanya cukup lezat. Selain itu, Kopi O atau kopi Zero juga tetap menjadi pilihan konsumen.

Kopi Tiam menjadi favorit warga Batam karena menu yang ditawarkan cukup menghangatkan khususnya kopi. Menurut Ashari itu disebabkan oleh cara penyajian dan kualitas kopinya merupakan kualitas unggulan.

Pihaknya menyajikan minuman kopi ke konsumen cukup unik. Kopi yang masih berupa biji kering, diipanggang lalu dihaluskan atau digiling dan dihidangkan. Metode pemanggangan biji kopi sendiri kata Ashari diperolehnya dari pengalamannya selama beberapa tahun menekuni bisnis kopi tersebut di beberapa negara seperti Singapura.

Setelah siap di giling kemudian baru disajikan ke konsumen. Biji kopinya sendiri merupakan biji kopi kualitas nomor satu yang berasal dari perkebunan utama di Indonesia dan juga ada yang di impor.

Salah seorang pengunjung kedai Kopi Tiam Singapura, A Liong mengatakan dia sudah berlanggganan sejak beberapa tahun lalu di Kopi Tiam alasannya hidangan yang disajikan sangat segar dan enak. Selain itu nuansa yang dibangun juga cukup hangat sehingga bila datang ke kedai tersebut tidak hanya sekedar merasakan hidangan tapi dia juga bisa bicara banyak hal mengenai bisnis dengan mitra atau temannya.

“Salah satu minuman favorit saya adalah Yin Yang yaitu campuran kopi dan the, rasanya sangat enak dan segar dan bagus buat tubuh,” katanya.

Menurut Ashari Kopi memang bisa bermanfaat untuk kesehatan yakni untuk mengobati migrain, sakit kepala, gangguan jantung, asma kronis dan gangguan buang air, asal jangan berlebihan. Sebab bila berlebihan maka bisa berakibat buruk, karena dapat meningkatkan asam lambung, menyebabkan ketegangan, dan mempercepat detak jantung. Selain itu, konsumsi kopi secara berlebihan sering dikaitkan dengan sakit maag. (gus).

Tidak ada komentar: