Selasa, 06 Juli 2010

Pilihan Eksekutif Muda Berkendara

…Bagi sebagian eksekutif muda, mobil menjadi gaya hidup yang mencerminkan kepribadiannya, lantas apa pilihan mereka saat ini.




Kendaraan roda empat atau mobil bagi sebagian masyarakat Batam, terlebih bagi para ekskutif mudanya bukanlah barang langka. Sebab, hampir di setiap sudut kota Batam terdapat showroom mobil dan harganya juga cukup murah, dibanding harga mobil dengan jenis dan model yang sama di daerah lain di Indonesia. Pasalnya, harga mobil di Batam tidak dikenakan pajak PPN dan PPnBM sehingga harganya bisa lebih murah sekitar 20-30 persen.

Namun, untuk para ekskutif muda di Batam, pilihan model dan kenyamanan dalam berkendara tetap menjadi acuan dalam membeli mobil, selain juga harganya. Adapun jenis mobil yang sedang menjadi incaran para eksekutif di Batam saat ini ada beberapa jenis antara lain, Honda Jazz dan Toyota Yarris serie terbaru.

Agung Hendro (34) pekerja di perusahaan galangan kapal PT Mc Dermot mengatakan, pada dasarnya lebih menyukai mobil jenis sedan, namun saat ini yang lebih tren bagi para eksekutif jenis Jazz atau Yaris. Oleh karena itu, dia lebih memilih dua tipe tersebut, bila ingin membeli mobil.

Marketing PT Agung Automall ( Toyota ), Heni mengatakan, saat ini yang sedang menjadi incaran para konsumen di Batam adalah Toyota Yaris tipe S Limited. Mobil tersebut harganya 202.600.000 rupiah, lebih murah dibanding harga mobil yang sama di daerah lain di Indonesia karena tidak dikenakan pajak. Menurut dia, dalam satu pekan, pihaknya bisa menjual sekitar 5-10 mobil.

Menurut Heni, Yaris memiliki banyak keunggulan, antara lain mesin yang tangguh dan hemat bahan bakar, serta harga yang terjangkau. Oleh karena itu, Toyota New Yaris telah menjadi pilihan bagi para eksekutif muda di Batam. Secara nasional penjualan Yaris hingga Maret 2010 telah melebihi model lainnya dengan memimpin di angka 44,1 persen dari seluruh penjualan mobil Toyota atau sejumlah 1.419 unit.

Tingginya angka penjualan Yaris tidak terlepas dari fitur-fitur yang terasa mengungguli pesaingnya di kelas 4x2 mini dan juga eflsiensi bahan bakar yang dimiliki Yaris. Oleh sebab itu, wajar bila Yaris mendapat predikat Indonesian Car Of the Year.

Toyota New Yaris dikenal irit bahan bakar. Mesin 1500 cc 1NZ-FE DOHC 16 Valves berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent) yang digunakan Yaris adalah mesin dengan performa tinggi yang hemat bahan bakar serta menghasilkan emisi yang ramah lingkungan.

Dibandingkan dengan pesaingnya Toyota Yaris memiliki fitur yang paling canggih, dilengkapi dengan sistem smart key, yaitu fitur Smart entry dan smart start. Dengan smart key ini, pemilik mobil tidak harus memencet remote alarm untuk membuka mobil. Mobil akan membuka kuncinya dengan otomatis sewaktu pemilik memegang handle pintu dan kunci akan terdeteksi dengan sendirinya. Sama halnya dengan menyalakan mesin. Hanya dengan menekan tombol, mesin akan menyala karena kunci dengan sendirinya telah terdeteksi ada di dalam kabin.

Yaris juga dilengkapi dengan fitur steering wheel with audio switch,dan dengan fitur itu, pengendara bisa dengan mudah mengubah setting audio dari stir. Selain itu ada juga fitur audio connector yang memungkinkan untuk menyambungkan music player seperti ipod.

Di bagian interior, Yaris mendapatkan sedikit sentuhan baru yang membuatnya tampil lebih segar. Kain pelapis jok kini menggunakan corak baru, begitu juga corak trim pintu. Untuk Yaris S, lingkar kemudinya kini dilengkapi remote control audio. Lapisan kulit pada lingkar kemudinya juga terasa lebih nyaman untuk digenggam, sebagaimana kepala tuas transmisi yang juga kini lebih besar dan juga berlapis kulit. Posisi mengemudi dapat diatur dengan akurat berkat pengatur ketinggian tempat duduk, meskipun posisi lingkar kemudi hanya bisa diatur naik-turun.

Yaris S juga telah dilengkapi tombol Start/Stop mesin, berikut kunci Smart Entry yang membuat Anda tak perlu memasukkan anak kunci untuk menyalakan mesin. Bahkan, untuk membuka pintu, cukup kantongi kuncinya dan sentuh pegangan pintu untuk membukanya. Sedangkan untuk menguncinya, cukup tekan tombol di pegangan pintu. Kelengkapan ini tidak dimiliki oleh rival-rival di kelasnya.

Selain Yaris, para Eksekutif muda di Batam juga mengincar Honda Jazz. Model ini selain diakui kualitasnya juga disukai desain interior dan modelnya. Kebanyakan pembeli mobil jenis ini merupakan konsumen fanatik yang sudah cukup lama mengenal Honda.

Kasman, Marketing PT Pionika Batam mengatakan, meskipun sudah diluncurkan sejak 2008, Honda Jazz serie RS AT masih menjadi pilihan masyarakat terutama eksekutif muda di Batam karena memiliki banyak keunggulan.

Dijelaskan, Honda Jazz RS AT memiliki desain sangat trendy dan stylish. Model ini memiliki tipe mesin terbaru yakni i-VTEC (Intelligent - Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) 1,5 liter yang diklaim menggabungkan efisiensi bahan bakar yang dimiliki mesin i-DSI dengan performa hebat mesin VTEC.

Tenaga puncak yang diberikan meningkat 10 hp menjadi 120 hp dibandingkan mesin VTEC 1.5 liter. Sedangkan torsinya juga melonjak 2 Nm menjadi 145 Nm. Jazz generasi sebelumnya yang menggunakan transmisi CVT dengan mode 7-speed Steermatic kini digantikan transmisi otomatis 5-speed dengan sistem Grade Logic Control. Yang istimewa, transmisi otomatis Jazz RS kini telah menawarkan fitur paddle-shift layaknya mobil Formula 1 untuk proses perpindahan gear-nya.

Eksterior Jazz, langsung memberikan keunggulan lain, mulai dari akses masuknya, dimana pintunya terbuka lebih lapang untuk akses lebih mudah. Di kabin belakang, berkat perpanjangan sumbu roda, ruang kaki juga bertambah hingga 50 mm. Dengan dimajukannya pilar-A ke depan hingga 120 mm, ruang kabin terasa luas untuk empat, bahkan lima orang dewasa di dalam kabinnya.

Selain cukup banyaknya ruang penyimpanan, bahkan hingga 10 cup holder di kabinnya, Jazz masih membawa keunggulan kabin yang praktis dari Jazz terdahulu. Fitur bangku Ultra Seat menawarkan kepraktisan terunggul dibandingkan rival-rivalnya. Dalam kondisi normal, bagasi Jazz baru ini berkapasitas 384 liter (Jazz sebelumnya hanya 380 liter), dan saat sandaran bangku belakang dilipat rata dengan bagasi, kapasitasnya melonjak hingga 1.321 liter. Dudukan bangku belakang juga bisa dilipat ke atas sehingga menghasilkan ruang lapang setinggi 1.280 mm untuk membawa barang berdimensi tinggi di kabin belakang.

Penggabungan teknologi i-DSI dan VTEC menjadi i-VTEC memang menjadi kunci peningkatan tenaga yang dihasilkan oleh mesin barunya. Namun hal berbeda justru dirasakan saat kami mengujinya di lintasan sirkuit. Di putaran mesin rendah, mobil ini justru terasa kurang sigap. Saat kami melakukan uji akselerasi 0 – 100 kpj, waktu yang dicetak 14,3 detik dengan kondisi transmisi otomatis penuh. Hal ini lebih lambat dibandingkan waktu akselerasi 0 – 100 kpj yang kami bukukan saat mencoba Honda Jazz VTEC generasi pertama dengan 11,78 detik. Tampaknya perubahan penggunaan tipe transmisi dari CVT pada Jazz VTEC lama menjadi transmisi otomatis konvensional pada Jazz i-VTEC menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Pada Jazz VTEC bertransmisi CVT, rasio gear terbesar dan terkecilnya jauh lebih rapat dibandingkan transmisi otomatis milik Jazz i-VTEC. Selain itu, salah satu keunggulan CVT adalah karena perubahan rasio gear yang sangat halus, akselerasinya tak terganggu oleh jeda perpindahan gear layaknya transmisi konvensional. Meski begitu, penggunaan mode perpindahan gear dengan paddle-shift menjadikan pengendaraan Jazz baru ini jauh lebih menyenangkan dibandingkan mode steermatic pada Jazz lama.

Untuk menghentikan lajunya, Jazz baru telah menyertakan cakram di keempat rodanya termasuk ABS, EBD dan Brake Assist untuk semua modelnya. Saat melakukan pengujian pengereman 80 – 0 kpj, Jazz dapat berhenti dalam 2,6 detik sepanjang 31,4 meter.

Mando (31) pekerja di Bank Indonesia (BI) Batam mengatakan, Yaris maupun Jazz merupakan tipe mobil yang diidamkannya karena keduanya memiliki banyak keunggulan dan nyaris sempurna dari segi interior dan eksterior.

Namun, untuk sampai mengambil keputusan membeli, kata dia akan sangat dipengaruhi oleh beberapa

factor seperti harga dan selera serta tren yang sedang tumbuh saat ini. (gus).

Tidak ada komentar: