Selasa, 06 Juli 2010

Bursa Calon Walikota Batam Mulai Marak

BATAM – Sejumlah tokoh politik, tokoh masyarakat, anggota legislatif, pengusaha dan pejabat pemerintah secara terbuka mulai mengajukan diri menjadi Walikota Batam, yang pemilihannya akan dilakukan awal tahun 2011. Sementara itu, Partai Demokrat sebagai partai terbesar di Batam diperkirakan masih akan mencalonkan Drs. Ahmad Dahlan sebagai Walikota.



Meskipun pemilihan Walikota Batam masih sekitar enam bulan lagi atau tepatnya Januari 2011, namun sejumlah elemen masyarakat Batam sudah terang terangan mulai mengajukan diri menjadi Walikota Batam.

Tujuh Partai Politik bahkan sudah membentuk koalisi yang diberi nama Koalisi Partai-Partai Politik Kota Batam (KP3KB) untuk mengusung calonnya. Ketujuh partai politik tersebut adalah Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Merdeka, Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Buruh dan Partai Kasih Damai Indonesia (PKDI).

Juru bicara KP3KB, Suparno mengatakan, dengan koalisi tersebut pihaknya memperoleh 9,1 persen suara di DPRD atau dengan jumlah kursi sebanyak empat kursi, sehingga bisa mengajukan calon Walikota Batam yang akan bertarung dalam Pilkada nantinya.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diperkirakan akan mengajukan Ketua DPC PPP Kota Batam Irwansyah sebagai Calon Walikota Atau Wakil Walikota.

Sekretaris DPC PPP Kota Batam, Drs. Muklis Jamal mengatakan, dukungan terhadap Irwansyah untuk maju dalam pilwako sudah dilakukan rapat bersama seluruh PAC se Kota Batam. Hasilnya, baik pengurus PAC PPP maupun kader PPP menyatakan tekadnya untuk mendukung Ketua DPC PPP Kota Batam itu maju dalam Pilwako.

Sementara itu, Ikatan Keluarga Sumatra Barat (IKSB) Batam telah bersepakat akan mengusung calon Walikota Batam yang berasal dari tokoh Minang.

“Alhamdulillah, dalam pertemuan dengan masyarakat Minang di Batam kami sudah menerima usulan beberapa nama putra Minang yang layak dicalonkan untuk jadi calon pemimpin Batam ke depan," kata Sekretaris Umum IKSB Elvis Davisco. Calon yang akan diusulan adalah Eva Ertos, Sukhri Farial, Razaki Persada dan Gusmawardi.

Partai Demokrat

Partai Demokrat diperkirakan akan kembali mengusung Ahmad Dahlan yang saat ini menjabat Walikota Batam untuk diajukan kembali dalam Pilwako kali ini.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah AMDI Provinsi Kepri, Robinson R Purba mengatakan,

perolehan suara yang cukup signifikan dalam pemilihan legislatif tahun lalu, menjadi acuan partai Demokrat untuk mengusung bakal calon dari kalangan internal dalam pemilukada walikota Batam 2011. Kader partai yang akan diusungkan diperkirakan adalah Ahmad Dahlan yang juga Ketua DPC Partai Demokrat kota Batam.

Dicalonkannya kembali Ahmad Dahlan disebabkan rekam jejaknya sudah bisa dibuktikan melalui langkah yang dilakukan saat menjabat Walikota Batam saat ini. Oleh karena itu, perjuangannya perlu dilanjutkan.

Sementara itu, sejumlah nama yang sudah menyatakan diri akan mengajukan sebagai calon Walikota Batam antara lain, H. Surya Sardi (Ketua DPRD Kota Batam), Drs. Ahmad Dahlan (Walikota Batam), Ria Saptarika (Wakil Walikota Batam), Hardi S Hood (anggota DPD RI), Rahmatsyah Ramadani atau Dany Ismeth (polisi Partai Golkar), Jamsir (Ketua DPC PDIP Kota Batam), Aris Hardi Halim (Wakil Ketua DPRD Kota Batam), Zainal Abidin (Ketua Partai Golkar Batam), AA Sany (Ketua DPD PAN Batam), H. Irwansyah (Ketua DPC PPP Batam), Rudi SE (Ketua DPC PKB Batam), Sukri Farial (anggota DPRD Kepri), Jasarmen Purba (anggota DPD RI), Agussahiman (Sekretaris Kota Batam), Syamsul Barum (Asisten II Pemko Batam), Maaz Ismail (Asisten III Pemko Batam), Umen Dartono (Kabiro Keuangan Otorita Batam), Hartoyo Sirkoen (Kepala Bawasko Kota Batam), Rudy Syakyakirti (Kepala Disnaker Kota Batam), Arifin Nasir (Kepala Dinas Pendidikan Kepri), Asmin Patros (anggota DPRD Kota Batam), Muhammad Amien (Ketua Nasional Demokrat Kota Batam), Ir. Muhammad Nabil (Staf Ahli DPR RI), Basri Harun (Ketua Hanura Batam), Fitra Kamaruddin (Pejabat Otorita Batam), Alex Guspeneldi (Ketua Fraksi PAN DPRD Kepri), Agus Hidayat (Manager PT Citra Tubindo), Taba Iskandar (mantan Ketua DPRD Batam), Erva Ertos (Ketua DPW PAN Kepri), Yudi Kurnain (Sekretaris DPD PAN Batam), Saidul Khudri (anggota DPRD Kepri), Ir. Suparman (Ketua DPC PKNU Batam), Sahat Sianturi (mantan Ketua DPC PDIP Kota Batam), Abdul Basid (tokoh masyarakat), Insyah Fauzi (pengusaha) dan R Bambang SS (jurnalis). (gus).


Tidak ada komentar: