Minggu, 20 Juni 2010

Batam-Surakarta Jalin Kerjasama

BATAM – Pemerintah kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Pemerintah Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah, sepakat meningkatkan kerjasama di bidang promosi investasi, perindustrian dan perdagangan, kebudayaan dan pariwisata, pendidikan dan pelatihan serta ketenagakerjaan. Kesepakatan itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani masing masing Walikota, akhir pekan lalu.



Kepala Biro Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan untuk mensinergikan potensi antar daerah, Pemko Batam menjalin kerja sama dengan Pemko Surakarta, Jawa Tengah.

Kerjasama itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan dan Walikota Surakarta, Joko Widodo, pada Jumat (18/6) di Kantor Walikota Surakarta, Solo.

“Kerja sama itu telah dijajaki sejak Januari 2010 lalu, dan ini perlu perlu dalam rangka untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintah terutama bidang pemerintahan, ekonomi, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata yang nantinya diharapkan dapat memajukan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di dua daerah,” kata Yusfa.

Dengan kerjasama tersebut diharapkan bisa mengoptimalkan hubungan kedua pemerintahan dalam meningkatkan sumber daya yang dimiliki masing-masing daerah. Disamping itu, juga untuk mendukung program-program pembangunan, yang didasarkan pada prinsip persamaan dan saling menguntungkan.

Tindak lanjut dari penandatanganan MoU itu, kata Yusfa masing-masing daerah akan menyusun draft kerjasama yang spesifik dengan melibatkan dunia usaha serta intitusi di masing-masing daerah. Draft tersebut akan dibuat dalam waktu enam bulan sejak ditandatanganinya MoU itu.

Salah satu bidang yang mendesak untuk dikerjasamakan adalah bidang promosi dan investasi, yang akan diwujudkan dengan meningkatkan promosi wisata kuliner maupun wisata bahari di dua daerah.

Di bidang perindustrian serta perdagangan, kata Yusfa, kerjasama akan dilakukan dengan cara pertukaran informasi melalui kegiatan seminar yang akan diikuti pengusaha dari masing masing daerah.

Kemudian di bidang pariwisata dan kebudayaan, masing-masing daerah akan tukar menukar seni budaya pada masing-masing daerah. Sementara di bidang pendidikan, bentuk kerja sama yang dilakukan yakni pertukaran guru, siswa serta penyaluran tenaga kerja dari Surakarta ke Kota Batam sesuai dengan keahlian yang diperlukan.

Dalam kerjasama itu juga nantinya, pelaku usaha kecil mikro dari Surayakrta akan mengikuti magang pada industri pembuatan kaca dan lukisan yang ada di kota batam.(gus).

Tidak ada komentar: