Selasa, 08 Juni 2010

Rumah Sakit Awal Bros - Tak Sekedar Layanan Sosial

Kesehatan kini sudah tumbuh menjadi industri yang cukup mengiurkan, akibatnya Rumah Sakit saat ini tidak lagi hanya memberi layanan sosial tapi sudah menjadi bisnis yang memberi untung dan mulai dilirik investor.



Salah satu faktor ketertinggalan Rumah Sakit di Indonesia dibanding Rumah Sakit di luar negeri dari segi pelayanan dan teknologi disebabkan masih adanya paradigma bahwa, Rumah Sakit adalah tempat pelayanan sosial yang kurang mempertimbangkan keuntungan. Padahal, investasi rumah sakit untuk membeli peralatan canggih dan memberi gaji tenaga ahli cukup besar.

Akibatnya, masih banyak Rumah Sakit di Indonesia yang memberi pelayanan seadanya sehingga sering terjadi protes dari keluarga pasien disebabkan penyakit yang tidak tertangani. Kondisi demikian menyebabkan persepsi negatif terhadap Rumah Sakit di Tanah Air sehingga banyak warga Indonesia yang berobat ke luar negeri, meski dengan biaya yang sangat mahal, padahal cukup banyak Rumah Sakit di Indonesia yang sudah memiliki layanan maksimal dan sesuai standar internasional.

Regional Marketing Grup Awal Bross Budi Haryono, STP mengatakan, saat ini sudah banyak rumah sakit di Indonesia yang telah memberi pelayanan sesuai standar internasional sehingga tidak perlu lagi harus berobat keluar negeri dengan biaya yang sangat mahal.

Grup Rumah Sakit Awal Bross merupakan salah satu kelompok rumah sakit yang layanannya mengacu pada standar layanan intenasional. RS Awal Bross Batam misalnya sudah memiliki ISO 9001 : 2000 untuk standar managemen mutu dan akreditasi untuk 16 bidang layanan kesehatan dari Departemen Kesehatan. Sertifikat itu tidak banyak dimiliki rumah sakit di tanah air karena prosedurnya cukup ketat.

Selain di Batam, Global Awal Bross juga berdiri di beberapa kota lain di Indonesia seperti di Pekanbaru Provinsi Riau, di Bekasi, Tangerang dan dalam waktu dekat akan berdiri di Makasar Provinsi Sulawesi Selatan.

Dr. L. Ingrid Sitawidjaja yang merupakan Asst Business and Development Manager Rumah Sakit Awal Bross Batam mengatakan, untuk Rumah Sakit Awal Bross Batam memiliki beberapa layanan unggulan seperti Total Knee Arthroplasty, Bedan Laparoscopy, Fakoemulsifikasi, Trnas Urethal Resection, Endoscopy, Audiologi Centre, USG 4 D Mammography, Hemodialisa, Angiografi dan MRI yang fasiltasnya akan diadakan tahun ini juga.

Pihak Rumah sakit, kata dia selalu membeli peralatan baru yang mengikuti perkembangan industri kedokteran dan juga meng- upgrade peralatan yang ada untuk menjaga tingkat keakurasiannya sehingga terapi pengobatan tepat bagi pasien.

Sebagai rumah sakit yang telah mengantongi sertifikat ISO 9001, manajemen selalu menjaga layanan kepada pasien. Oleh karena itu, setiap penanganan pasien selalu dilakukan dengan tiga tahap yakni penanganan langsung oleh dokter kepada pasien, lalu pengawasan oleh komite medik melalui morning report, dan mekanisme rapat konsultasi.

“Itu dilakukan untuk menghindari kemungkinan adanya kesalahan penanganan oleh dokter,” kata Ingrid.

Jumlah dokter ahli di rumah sakit itu sekitar 35-40 orang dan dokter umum sekitar 15 orang ditambah ratusan perawat. Pihak Rumah sakit menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi dokter untuk menjaga kesiapan dokter dalam memberi pelayanan pada pasien dan keluarga pasien.

Menurut Ingrid, manajemen juga sering melakukan pelatihan bagi perawat maupun dokter dan mengikutsertakan dokter dan perawatnya dalam seminar kesehatan di dalam dan luar negeri. Itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kemapuan tenaga ahli yang bekerja di rumah sakit tersebut. (gus).

Tidak ada komentar: