Senin, 04 Oktober 2010

Enam Kandidat akan Bertarung di Pilwako Batam

BATAM – Pemilihan Walikota Batam kali ini yang akan diselenggarakan pada Januari 2011, diprediksi akan berjalan seru sebab diikuti enam pasangan kandidat dari partai besar dan beberapa gabungan partai kecil serta dari jalur independent, sementara itu, Partai Demokrat yang sebelumnya kalah dalam Pemilihan Gubernur Provinsi Kepri dan Bupati Lingga di ramalkan bakal All Out mengusung calonnya.




Tabel Bakal Calon Walikota Batam

No Kandidat (Walikota dan Wakil Walikota) Partai Pengusung Jumlah Kursi di DPRD

1 Ahmad Dahlan dan Rudi SE Demokrat,PKB,PAN,PKPI 16 Kursi

2 Ria Saptarika dan Zainal Abidin Golkar dan PKS 9 Kursi

3 Nada F Soraya dan Nuryanto PDIP dan Gerindra 7 Kursi

4 Arifin Nasir dan Irwansyah PPP dan 18 Partai Kecil 7 Kursi

5 Amir Hakim dan Syamsul Bahrun Hanura, PPRN, PPIB dll 7 Kursi

6 Insyah Fauzi dan Andi Nadjib Jalur Independent

Pilwako Kota Batam kali ini akan berjalan seru karena beberapa partai besar mengusulkan sendiri calonnya sehingga calon yang akan bertarung mencapai enam kandidat.

Sementara itu, Partai Demokrat diprediksi akan habis habisan mengusung calonnya karena sudah dua kali kalah dalam pemilihan kepala daerah di Provinsi Kepri, yakni kalah dalam Pemilihan Gubernur Kepri dan kalah dalam pemilihan Bupati Lingga. Padahal, Demokrat memiliki kursi terbanyak di DPRD.

Ketua Pokja Pencalonan KPU Batam Abdul Rahman mengatakan, enam kandidat sudah mendaftar secara resmi ke KPU Batam untuk bertanding dalam Pilkada yang akan diselenggarakan awal tahun depan.

Keenam kandidat itu adalah Ahmad Dahlan yang saat ini menjabat sebagai Walikota Incumbent berpasangan dengan Rudi SE, kemudian Ria Saptarika yang saat ini menjabat Wakil Walikota Incumbent berpasangan dengan Zainal Abidin, Nada Faza Soraya berpasangan dengan Nuryanto. Kemudian Arifin Nasir berpasangan dengan Irwansyah dan Amir Hakim berpasangan dengan Syamsul Bahrun.

Selanjutnya satu kandidat akan ikut bertarung melalui jalur independent yakni pengusaha Isnyah Fauzi yang berpasangan dengan Andi Nadjib.

Abdul menjelaskan, setelah seluruh kandidat mendaftar ke KPU selanjutnya KPU meminta seluruh kandidat untuk melengkapi dokumen persyaratan. Sampai hari terakhir pendaftaran kata dia semua kandidat belum melengkapi persyaratannya.

Setelah persyaratan lengkap, KPU selanjutnya akan melakukan verifikasi terhadap persyaratan tersebut.

"Syarat itu dijanjikan akan dilengkapi menjelang pengumuman hasil verifikasi oleh KPU. Kita tunggu saja, apakah mereka akan melengkapi berkas yang masih kurang itu atau tidak karena KPU tidak akan memberikan perpanjangan waktu," katanya.

Terkait dengan jumlah suara yang akan diperebutkan, Anggota KPU Batam, Ngaliman mengatakan, saat ini KPU masih melakukan pendataan dan hasil resmi jumlah suara akan diumumkan pada September 2010.

”Sekarang sedang tahapan entry data di tingkat PPS. Entry data ini nanti yang akan ditetapkan menjadi DPS setelah disortir dari laporan DP4 yang diserahkan Dinas Kependudukan Kota Batam kepada kita,” katanya akhir pekan lalu.

Menurutnya, jika berdasarkan data Pemilu Kada Gubernur yang baru berlangsung bulan lalu, maka jumlah suara di Batam 749.420 suara dan jumlahnya diprediksi bertambah sekitar 7-10 persen.

Demokrat Optimistis

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum ketika berkunjung ke Batam dalam acara Pelantikan DPC Partai Demokrat Batam akhir bulan lalu optimistis bisa memenangkan Pilwako Batam karena persiapannya sudah matang.

”Di daerah lain, pilkada makin baik dan di seluruh Indonesia sudah mencapai 50 persen kami menang. Kami optimis Demokrat menang di Batam,” katanya. (gus).

Tidak ada komentar: