Minggu, 03 Oktober 2010

Carrefour Buka Dua Gerai di Batam

BATAM - Pemilik ritel pemilik gerai Carrefour, PT Alfa Retailindo Tbk bangun dua gerai di Batam, satu gerai sudah di buka pada Juli 2010 dan satu lagi akan diresmikan sebelum akhir tahun ini. Itu dilakukan untuk mengejar target pertumbuhan penjualan 10 persen pada tahun ini.



Corporate Affairs Director PT Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman mengatakan mengatakan, pihaknya sudah membuka secara resmi satu gerai di kawasan perdagangan Harlbour Bay di kawasan Nagoya Batam sekitar Juli 2010 dan satu gerai lagi di kawasan industri Muka Kuning Batam sebelum akhir tahun ini.

“Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan pendapatan masyarakat, maka kami akan selalu menambah gerai termasuk tahun depan juga akan dibangun gerai baru tapi jumlahnya belum bisa disebutkan,” katanya, minggu (19/9).

Nilai investasi untuk membuka gerai tersebut, kata dia cukup besar sayangnya dia tidak bisa menyebut angkanya.

Selain di Batam, perseroan juga sudah membuka gerai di kota lainnya seperti Pontianak, Mojokerto dan Pekalongan dengan total gerai yang dibangun selama 2010 sebanyak 7 gerai, sehingga seluruh gerai yang dimiliki sekitar 83 gerai Carrefour di 26 kota Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Alfa Retailindo Ales Okta Pratama mengatakan, terkait dengan pembukaan gerai di Batam merupakan strategi perusahaan untuk lebih agresif membuka gerai di luar pulau Jawa seiring dengan semakin tingginya pertumbuhan pendapatan masyarakat di luar Jawa.

Selain di Batam atau Sumatra, perseroan juga akan membuka gerai di Kalimantan dan Sulawesi .

Dengan dibukanya sekitar 7 gerai tahun ini, kata Ales diharapkan target pertumbuhan penjualan sekitar 10 persen bisa dicapai. Sementara itu, pada tahun 2009 perseroan membukukan penjualan 1,6 triliun rupiah lebih rendah disbanding 2008 yang 1,7 triliun rupiah.

Pada 2009 juga perseroan mengalami rugi bersih 75,9 miliar rupiah padahal di tahun 2008 perusahaan itu memperoleh laba bersih 16,3 miliar rupiah. Kerugian tersebut dipicu oleh tingginya pembayaran provisi dan kewajiban fiskal tahun 2007 dan 2008 yang mencapai 41,1 miliar rupiah.

Pada kuartal satu 2010, perseroan membukukan penjualan 376,2 miliar rupiah turun 4 persen dibanding periode sama 2009 yang 363 miliar rupiah. Pada periode sama perseroan mengalami rugi bersih 2,1 miliar rupiah lebih rendah disbanding periode sama 2009 yang 7,6 miliar rupiah.

Target Alfamart

Perusahaan ritel lainnya, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) diketahui akan merealisasikan rencana ekspansi pembukaan gerainya di Ibu Kota Negara Vietnam , Hanoi dan Ho Chi Minh City pada kuartal empat 2010.

Wakil Direktur Utama yang juga Sekretaris Perusahaan Alfamart Henryanto Komala kepada Koran Jakarta mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian untuk melakukan ekspansi usaha membuka gerai Alfamart di Hanoi dan Ho Chi Minh City.

Sebagai tahap awal, kata Henryanto perseroan akan mengakuisisi beberapa asset di Vietnam untuk dijadikan gudang, selanjutnya akan dilakukan pelatihan atau training karyawan untuk dipekerjakan di supermarket tersebut.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, perseroan menyiapkan dana khusus diluar dari belanja modal yang telah dianggarkan pada tahun ini sejumlah 600 miliar rupiah. Dananya akan diambil dari kas internal dan pendanaan eksternal.

Sementara itu, Lembaga survei Nielsen memprediksi, tahun ini laju pertumbuhan konsumsi masyarakat meningkat, khususnya selama Ramadan dan Idul Fitri sekitar 12 persen disbanding tahun lalu.

Executive Director of Retail Measurement Services Nielsen Teguh Yunanto mengatakan, tingkat kepercayaan diri konsumen tahun ini dalam membelanjakan barang mulai membaik dibandingkan tahun sebelumnya. Konsumen lebih banyak belanja di pasar modern seperti hipermart, supermarket, dan minimarket, dibandingkan belanja di pasar tradisional.

Menurutnya, penjualan di Supermarket selama ramadhan dan lebaran meningkat 29 dibanding bulan biasa kemudian di Minimarket naik 19 persen, sementara kategori yang paling mendominasi adalah kategori makanan. (gus).

Tidak ada komentar: