Selasa, 02 Februari 2010

Anggaran Pilkada Kepri Rp70 M

BATAM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyetujui alokasi anggaran untuk kegiatan Pemilihan Gubernur tahun ini sejumlah 70 miliar rupiah untuk dua kali putaran PEMILU.




Kabiro Humas Pemprov Kepri Irmansyah mengatakan, Pemerintah Daerah telah menyetujui untuk menganggarkan dana kegiatan Pemilihan Kepala Daerah sejumlah 70 miliar rupiah yang terbagi atas 45 miliar rupiah untuk putaran pertama dan dana cadangan 25miliar rupiah untuk putaran kedua.

“Kami telah setuju untuk memberi dana hibah sejumlah 45 milia rupiah untuk Pilkada putaran pertama, dan cadangan 25 miliar rupiah,” katanya, Selasa (2/2). Oleh karena itu, Pemprov minta KPU (Komisis Pemilihan Umum) segera membuat jadwal kegiatan Pilkada.

Anggota KPU Kepri Rajaki Perada menambahkan, jumlah dana tersebut merupakan hasil kesepakatan antara KPU dan Pemprov Kepri yang telah dituangkan dalam MoU (Memorandum of Understanding). Selanjutnya, KPU segera menyusun jadwal kegiatan Pemilu.

Terkait dengan kepastian jadwal Pilkada, menurut Rajaki masih belum bisa dipastikan apakah sesuai dengan jadwal pada 26 Mei 2010, karena masih menunggu persiapan di daerah.

"Pelaksanaan pilkada tergantung pada kesiapan anggaran daerah dan pengesahan perubahan tahapan pilkada," katanya. Tahapan Pilkada sendiri saat ini masih mengalami revisi, seperti tahap pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

"Kami tidak berani berjanji dapat melaksanakan pilkada tepat pada 26 Mei 2010, karena permasalahan yang dihadapi sekarang di luar kewenangan KPU. Bila permasalahan pilkada berada di internal KPU, kami yakin pilkada dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," ujarnya. (gus).

Tidak ada komentar: