Selasa, 25 Januari 2011

Sriwijaya Ambil Alih Rute Mandala

BATAM – Maskapai penerbangan Sriwijaya Air mengambil alih rute penerbangan Mandala Air dari Batam ke Padang paska penghentian operasional penerbangan seluruh rute Mandala Air akibat krisis keuangan yang dialami perusahaan itu.




Distrik Manager Sriwijaya Air di Batam, Misran mengatakan, pihaknya akan membukan rute penerbangan baru dari Batam ke Padang mulai Minggu (16/1) disebabkan tidak ada lagi perusahaan penerbangan yang melayani rute tersebut paska penutupan operasional Mandala Air.

"Demi kepentingan masyarakat khususnya warga Minang yang bingung harus pulang kampung dengan pesawat apa, maka manajeman kami menyambut baik untuk membuka rute ke Padang setiap hari. Penerbangan ke Padang sendiri akan dimulai Minggu, dan setiap hari dari Batam pukul 13.10 WIB, " katanya, Jumat (14/1).

Masyarakat yang ingin membeli tiket, kata dia sudah bisa dilakukan sejak Jumat (14/1) dengan harga sekitar 750 ribu rupiah per orang.

Penumpang Mengamuk

Sementara itu, puluhan masyarakat Batam yang sudah terlanjur membeli tiket Mandala Air melakukan protes dan unjuk rasa di depan Kantor Mandala Batam Centre. Calon penumpang tersebut meminta kepastian keberangkatan serta menuntut ganti rugi. Beberapa calon penumpang bahkan sempat mengamuk dengan merusak kantor Mandala karena tidak adanya pemberitahuan tentang pembatalan pemberangkatan.

Kekecewaan juga dirasakan pemilik Tour and Travel di Batam karena mengalami kerugian materi dan mental disebabkan banyak calon penumpang yang batal berangkat melakukan protes dan unjuk rasa di kantor mereka.

“Saya terus terang syok atas kejadian ini. mengingat pengalaman sebelumnya ketika Kartika gagal berangkat, saya yang dimarahi dan dicaci para pelanggan,” kata Asmal pemilik Fardeo Tour and Travel, Jumat (14/1).

Dikatakan, pihaknya telah memiliki 70 calon penumpang atau pelanggan yang telah memesan dan membeli tiket Mandala dari Januari-Agustus mendatang dengan harga sekitar 21 juta rupiah.

Airport Manager Mandala Perwakilan Batam, Sugianto Priyayuda mengatakan, pihaknya akan mengembalikan uang pembelian tiket yang telah diperjual belikan pada penumpang dan travel.

“Mandala akan tetap mengembalikan (uang pembelian) tiket secara penuh kepada seluruh penumpang,” katanya.

Pengembalian uang pembelian tiket itu, sebut Sugianto, dapat dilakukan dengan melaporkan kode PNR (penerbangan) dan nomor rekening bank penumpang yang telah membeli tiket pada petugas Mandala di Kantor Perwakilan Mandala Batam Centre atau di counter Mandala di Bandara Hang Nadim, Batam.

“Setelah kode PNR dan nomor rekening tercatat pada kami, selanjutnya akan kami sampaikan ke (kantor pusat) di Jakarta. Sebab itu kita data dulu kode PNR (penerbangan) dan nomor rekening bank penumpang yang telah membeli tiket,” jelasnya.

Para penumpang pun, jelasnya, dapat melakukan konfirmasi ke nomor telpon 021-56997000 atau ke Kantor Perwakilan Mandala Batam di nomor 0778-472727.

Sales Executive Mandala, Irawan, menambahkan perseroan akan mengembalikan uang yang terlanjur sudah beli tiket maksimal 45 hari. Untuk itu, pihaknya sedang melakukan pendataan calon penumpang untuk pengembalian uangnya. (gus).

Tidak ada komentar: