Senin, 01 Maret 2010

Target penjualan 2009 Tercapai : Pemilik Waralaba KFC akan Bagi Dividen

BATAM - Perusahaan makanan pemilik waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC), PT Fast Food Indonesia Tbk berencana membagi dividen pada pemegang saham untuk kinerja keuangan 2009, seiring dengan tercapainya target penjualan senilai 2,4 triliun rupiah. Untuk 2010, perseroan menargetkan penjualan tumbuh 18 persen atau sekitar 2,8 triliun rupiah.




Direktur yang juga Sekretaris Perusahaan Fast Food Justinus Dalimin Juwono mengatakan, nilai penjualan tahun 2009 diperkirakan lebih dari 2,4 triliun rupiah sehingga target yang hanya 2,4 triliun rupiah sudah tercapai. Dengan demikian, pihaknya berencana membagikan dividen pada pemegang saham untuk kinerja keuangan 2009 sejumlah 20 persen dari laba.

“Penjualan 2009 lebih dari 2,4 triliun rupiah sehingga target tercapai, dengan demikian kami akan membagikan dividen pada pemegang saham dan rencana itu akan diputuskan dalam RUPS Juni 2010 nanti,” katanya, Senin (1/3).

Ditambahkan, pembagian dividen hampir selalu dilakukan setiap tahun menyusul tercapainya target penjualan yang telah disusun di awal tahun. Untuk kinerja tahun 2009, pihaknya berencana membagikan dividen sekitar 20 persen dari laba.

Pembagian dividen juga merupakan apresiasi kepada pemegang saham atau investor agar tetap mempercayakan investasinya di perusahaan, dan langkah itu juga untuk menarik investor lain agar menanamkan modalnya di saham perusahaan.

Terkait dengan kinerja tahun ini, Justinus optimisitis bakal lebih baik lagi dibanding dengan 2009. Untuk itu, dia menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 18 persen atau sekitar 2,8 triliun rupiah.

Sikap optimistis itu dipicu oleh bakal mambaiknya kondisi ekonomi nasional seriring dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional lebih dari 5,0 persen, dengan demikian pendapatan masyarakat diprediksi meningkat sehingga mendorong pertumbuhan konsumsi.

Untuk itu, perseroan telah mengalokasikan belanja modal 200 miliar rupiah dari kas internal untuk membuka sekitar 30 gerai baru di berbagai kota di Indonesia . Sebagai tahap awal, pihaknya akan membuka satu gerai baru di Bandung pada akhir Maret ini, kemudian pada April dan Mei 2010 akan dibuka gerai baru di Jakarta, Surabaya dan Pontianak .

Selain penambahan gerai, perseroan juga melakukan strategi lain untuk mendorong peningkatan penjualan diantaranya dengan memperbaiki format gerai agar lebih menyenangkan bagi konsumen. Kemudian bekerjasama dengan artis/penyanyi Cinta Laura untuk memasarkan CD/Compact Disc nya di seluruh gerai KFC, untuk menyasar target pasar anak muda.

Kepala Riset Asia Financial Network (AFN) Rowena Suryobroto mengatakan, industri makanan dan minuman merupakan sector usaha yang tahan banting dan tidak akan terlalu parah terkena dampak krisis sehingga pencapaian kinerja Fast Food pada 2009 cukup wajar. Pasalnya, dalam kondisi apapun masyarakat tetap harus mengonsumsi makanan untuk kehidupannya, sehingga permintaan tetap ada.

“Makanan itu merupakan kebutuhan pokok masyarakat sehingga konsumsi akan tetap tumbuh dengan demikian kinerja emiten yang memproduksi makanan tetap baik dibanding sector lain yang rentan terhadap krisis,” katanya.

Untuk kinerja tahun 2010 ini, emiten makanan dinilai masih tetap menjadi primadona karena kinerjanya diperkirakan akan tumbuh, sehingga perusahaan makanan disarankan untuk tetap ekspansif karena permintaan masih tetap tinggi. (gus).

Tidak ada komentar: