Senin, 22 Maret 2010

Mahalnya Merawat Anjing..



Foto : Tempat Pelatihan Anjing Ras di Batu Ampar Batam

Tidak seperti hobi lainnya, bagi pencinta Anjing Ras harus rela mengeluarkan uang cukup besar ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah untuk merawat sekaligus membeli makanan Anjing agar binatang kesayangannya itu senantiasa tampil cantik, cerdas dan lucu.




Drh Fery Firdaus yang sehari harinya juga menjadi pelatih Anjing mengatakan, dibutuhkan biaya sekitar minimal 400 ribu sampai 1 juta rupiah untuk merawat dan membeli makanan Anjing dalam setiap bulannya.

Pasalnya Anjing adalah salah satu hewan yang cukup sensitif dan bila sudah terkena virus maka dipastikan hewan itu akan segera mati. Untuk itu, dibutuhkan perawatan rutin yang dimulai dari eksternal yakni menjaga kebersihan kandang memandikannya minimal satu kali dalam satu minggu dan setiap enam hari sekali harus di lap dengan cairan disinfeksi. Tidak lupa juga setiap minggu harus dibersihkan telinga, kulit dan kukunya.

Kotoran Anjing juga harus diperhatikan agar jangan menumpuk karena bila kotoran menumpuk akan menimbulkan virus yang berbaha bagi Anjing.

Perawatan internal kata Fery, Anjing Ras harus diberi obat cacing setiap satu kali dalam tiga bulan lalu harus divaksinasi atau di imunisasi satu kali dalam satu tahun dan di beri suntikan kutu per tiga bulan. Anjing juga sangat sensitive dengan kutu karena bila sudah terkena satu kali maka akan terus terusan terserang kutu anjing.

Perawatan saja tidak cukup, Anjing Ras juga harus diberi makanan bergizi dan di Batam, makanan Anjing seluruhnya adalah impor buatan Thailand , Amerika dan Jerman. Harganya bervariasi tergantung merek dan yang paling murah sekitar 170 ribu per 8 kg dan paling mahal sekitar 350 ribu per 10 kg, kapasitas itu hanya untuk makanan Anjing selama sekitar satu minggu saja.

Setelah dirawat dan diberi makan dengan makanan yang bergizi, Anjing juga harus diperhatikan dan disayangi layaknya manusia bahkan harus lebih supaya bisa setia sama majikannya. Termasuk memperhatikan masa birahinya untuk kawin, karena bila tidak diperhatikan Anjing Ras juga bisa galak dan marah marah bahkan ada yang sampai menyakiti tuannya.

Oleh karena itu, menurut Fery, penggemar Anjing harus dapat mengendalikan mental Anjing piarannya dengan cara memberi kasih sayang yang cukup, disiplin serta mengetahui karakter anjingnya dengan baik.

Jika seluruh kebutuhan Anjing bisa dipenuhi, maka kata Fery Anjing akan selalu tunduk dan patuh kepada tuannya bahkan lebih patuh dari manusia.

“Anjing merupakan hewan yang sangat unik, jika sudah bisa kita kendalikan maka dia akan sangat patuh dan bisa menjadi teman setia dan pelindung dimanapun,” katanya.

Maka dari itu, banyak orang yang menyukai Anjing dan memeliharanya sebagai teman dan penjaga rumah.

Namun, kebanyakan orang khususnya pemula yang baru ingin mencintai Anjing belum mengetahui karakter Anjing dengan baik, akibatnya sering terjadi salah komunikasi yang menyebabkan Anjing mengamuk berakibat fatal pada pemiliknya.

Oleh sebab itu, bagi pemula atau orang yang baru ingin memiliki hobi pelihara Anjing, Ferry menyarankan untuk memahami terlebih dahulu karakter anjing yang dimilikinya, caranya dengan memperhatikan kehidupannya setiap hari dan yang juga harus diperhatikan jangan mengganggu Anjing bila sedang makan, karena Anjing akan marah besar bila makanannya di ganggu. (gus).

Tidak ada komentar: