Senin, 01 Maret 2010

Adventorial : Empat Tahun Dengan 13 Award



Foto : Walikota Batam Ahmad Dahlan

Tepat empat tahun masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Batam, Ahmad Dahlan dan Ria Saptaria pada 1 Maret 2010 banyak hal yang sudah di hasilkan untuk pembangunan ekonomi daerah dan itu dibuktikan dengan diterimanya 13 penghargaan (Award) berskala nasional. Namun, keberhasilan yang dicapai tersebut masih menyisakan berbagai kritikan dan permasalahan ekonomi serta kemasyarakatan untuk segera di perbaiki.




Salah satu persoalan yang perlu diperbaiki oleh Pemko Batam adalah soal penataan kota yang masih dinilai banyak orang kurang sempurna. Itu terlihat dari penataan di sekitar kawasan Jodoh dan Nagoya yang merupakan kawasan bisnis dan perdagangan. Di kawasan itu, sekarang penataannya sangat semrawut seperti terlihat di seputaran Taman Jodoh Boulevard yang diperuntukan bagi tempat peristirahatan bagi warga justru dimanfaatkan tidak semestinya oleh orang tak bertanggung jawab khususnya pada malam hari.

Direktur Kawasan Industri Batamindo Jhon Sulistiawan mengatakan, Batam sebagai kota industri perlu di kelola secara baik khususnya dalam penataan kotanya agar warga yang sebagian besar merupakan pekerja bisa menikmati pemandangan kota dengan baik selepas bekerja.

Meski demikian, Jhon tetap memberi apresiasi terhadap langkah dan program yang telah dilakukan duet kepemimpinan Ahmad Dahlan dan Ria Saptarika dalam memajukan perekonomian Batam, khususnya dalam penciptaan birokrasi yang lebih efisien dan lebih bersih.

Namun, menyangkut koordinasi antar instansi, Jhon menilai perlu ditingkatkan kordinasi antara Pemko Batam dan Otorita Batam atau Badan Penguasaaan FTZ Batam untuk memberi rasa nyaman pada investor dalam menjalankan bisnisnya.

Walikota Ahmad Dahlan menjelaskan, memang masih banyak persoalan yang harus segera diperbaiki dan ditingkatkan menyangkut layanan kepada masyarakat, sebab untuk memberi kepuasan kepada seluruh orang pastilah sangat sulit, namun dia senantiasa berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi warga kota.

Dia menyadari sebagai kota yang terus tumbuh dan akan menjadi kota metropolis, maka persoalan kemasyarakatan akan mengiringinya seperti persoalan kebersihan kota, anak jalanan, pengemis dan gelandangan, pengangguran dan lainnya.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah dan program untuk memberdayakan masyarakat tidak mampu, seperti dengan memberikan bantuan modal atau kredit untuk usaha mikro.

Namun, kata dia Pemko memiliki banyak keterbatasan sehingga tidak mampu menjangkau seluruh masyarakat sehingga dibutuhkan peran serta dari warga lainnya untuk bekerjasama.

Selama empat tahun kepemimpinan Ahmad Dahlan-Ria Saptarika pemerintah telah meletakan pedoman bagi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan hal itu mendapat apresiasi dari Pemerintah pusat dengan diterimanya anugerah Leadership Millenium Development Goals (MDGs) Awards 2009 yang diterima pada 12 Desember 2009.

Penghargaan yang diberikan Menkokesra Agung Laksono itu sebagai tanda kemampuan Walikota Batam dalam mengaktualisasikan komitmen pembangunan millennium dalam bentuk pencapaian program program aksi berkelanjutan yang searah dengan tujuan pembangunan millennium.

Selain MDGs Award, Walikota Batam juga mendapat penghargaan lainnya yang jumlahnya mencapai 13 penghargaan untuk masa bakti empat tahun. Ini menandakan kerja keras dan upaya Walikota Batam Ahmad Dahlan mendapat pengakuan dari masyarakat luas dan pemerintah pusat, tentunya perlu dilanjutkan. (gus).

Tidak ada komentar: