Senin, 22 Maret 2010

Komunitas Pencinta Anjing Batam



Bersahabat dengan Anjing

BATAM –Hampir setiap orang memiliki hobi, salah satunya memelihara Anjing. Anjing adalah hewan yang cukup banyak digemari manusia sejak dahulu sampai saat ini karena tingkahnya yang mengemaskan, lucu, cerdas dan banyak yang bisa dijadikan teman setia, sekaligus juga penjaga rumah yang cukup efektip.




Di Batam Provinsi Kepulauan Riau, ratusan orang memilihi hobi memelihara Anjing dan Anjing yang dipiara bukan Anjing sembarangan tetapi Anjing Ras yang kalau dibeli harganya cukup mahal. Contohnya saja untuk Bayi Anjing Ras Poodle harganya sekitar 3,5 juta tupiah.

Banyaknya warga Batam yang memiliki hobi pelihara Anjing tidak terlepas dari pengaruh dan gaya hidup kota metropolis yang terus bertumbuh. Itu menyebabkan kehidupan warganya sepertihalnya kota besar lainnya lebih berwarna dan akhirnya kebanyakan masyarakat membuat kelompok atau komunitas dalam menjalani hidupnya berdasarkan hobi, agama dan lainnya.

Misalnya kelompok atau komunitas pencinta Anjing di Batam yang hampir setiap minggu berkumpul untuk bersilaturahmi di berbagai tempat keramaian bahkan di Mall. Dalam pertemuan itu tidak jarang mereka memberi kesempatan bagi Anjing piaraannya untuk mengenal satu sama lain dan tak lupa melepas birahi.

Pecinta anjing ras ini tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Biasanya para pemilik anjing ras melatih anjing kesayangan mereka dengan latihan kepatuhan, seperti berjalan beriringan, duduk, melompat, hingga latihan menyerang musuh.

Selain diberi asupan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan sehari-hari, anjing juga sering diajak pemiliknya untuk olah raga. Oleh karena itu, sering terlihat ketika akhir pecan, atau hari libur, perkumpulan komunitas pencinta anjing ras seperti rott weiler, herder, pit bull, mini pincer, chow-chow, poodle, siberian, ikut jalan santai bersama pengasuh mereka berkeliling kota Batam.

Salah satu pemilik Anjing Ras yang ikut dalam komunitas pencinta Anjing Batam, Fanny Lim (19) mengatakan, sudah sejak kecil kira kira umur lima tahun, dia menyukai Anjing dan menjadikannya sebagai sahabat yang selalu setia menemani dia bermain dan beristirahat.

Kini setelah dewasa, Fanny masih menyukai Anjing dan dia memiliki beberapa Anjing mungil Ras Kecil yang bulunya berwarna hitam dan putih. Untuk kebutuhan hidup Anjingnya itu, dia rela menghabiskan uang ratusan ribu rupiah setiap bulannya untuk membeli makanan Anjing dan biaya perawatan kesehatan Anjingnya.

“Saya suka Anjing karena dia satu satunya hewan yang bisa diajak bermain,” katanya.

Tidak Cuma sekedar teman, Anjing piaraan Fanny juga dijadikannya sebagai pelindung ketika dia harus keluar rumah untuk sekedar berjalan jalan.

Ada dua Anjing yang saat ini selalu menemani Fanny dalam bermain yakni Kyuri dan Huhtcu yang merupakan Anjing Ras Kecil berbulu tebal dan warnanya sangat unik yakni hitam dan satu lagi berwarna putih.

Bulunya juga sangat cantik karena keriting asli seperti rambut manusia dan sangat halus.

Untuk merawat binatang piarannya itu, Fanny rela merogoh koceknya ratusan ribu rupiah tiap bulan untuk membeli makanan dan merawat kesehatannya. Setiap minggu dia harus membawa Anjing nya itu ke Salon untuk dimandikan dan satu kali dimandikan harganya 75.000 rupiah per Anjing, dibersihkan kukunya, lalu diperiksa telingannya dan disiiri rambutnya.

Untuk makanannya saja, dia harus membeli dari Singapura karena tidak terjual di Batam, makanannya adalah Caesar yang harganya satu kotak sekitar S$1,80.

Di rumah, kata Fanny Anjingnya itu bebas berkeliaran karena dia memang sengaja tidak membuatkan anjingnya itu kandang sehingga bisa bebas kemana saja bermain agar tidak terkekang.

Untuk menjaga agar Anjingnya tidak stress, Fanny tergabung dalam komunitas pencinta Anjing di Batam dan sering melakukan pertemuan untuk sekedar bertukar informasi tentang pertumbuhan Anjing masing masing.

Melalui komunitas tersebut, Fanny menjadi lebih memahami karakter seekor Anjing dan bagaimana cara menaklukannya agar patuh.

Ketua Perkin (Perkumpulan Kindologi Indoensia) Provinsi Kepri Amrizal Chaniago mengatakan, sebagai organisasi nir laba para pencinta Anjing Ras menurut dia cukup banyak warga Batam yang memiliki hobi pelihara Anjing Ras.

Saat ini anggota Perkin Kepri sudah mencapai lebih dari 100 orang dan hampir setiap minggu melakukan pertemuan untuk silaturahmi. Perkin Kepri juga hampir setiap tahun mengadakan kontes Anjing cerdas dan Anjing cantik dan untuk tahun ini akan diadakan pada bulan April 2010.

Kontes Anjing kata Amrizal tidak hanya sekedar kompetisi tapi lebih dari itu merupakan wahana bagi pencinta Anjing untuk berkumpul dan saling memperkenalkan Anjing mereka.

“Tujuan menggelar acara ini adalah agar semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat Kepulauan Riau terhadap anjing trah dan sekaligus mengajak masyarakat yang sudah memiliki anjing trah untuk memiliki sertifikat bagi anjingnya, sehingga akan membuat anjing mereka semakin memiliki nilai tambah “ kata dia.

Untuk kompetisinya sendiri biasanya akan dibagi beberapa rangkaian dan pengalaman tahun lalu, kontes dibagi dua rangkaian pertama the great Dog Show dan kedua Batam Dog Show All Breed. Kemudian ada juga lomba fashion show. Eating passing dog food dan dog running. Kemudian acara puncaknya berupa Dog Show All Bredd yakni kompetisi anjing yang akan memperhatikan anatomi dari tubuh anjing berdasarkan persyaratan internasional. Serta tidak lupa pameran khusus Anjing Trah Rotweiler.

Menurut Amrizal, banyak alasan kenapa orang menyukai Anjing, pertama karena Anjing adalah hewan yang sangat setia dan tunduk kepada majikannya. Oleh karena itu, Anjing bisa menjadi sahabat setia, pacar setia yang akan selalu melindungi Tuannya.

Oleh karenanya, pencinta Anjing menurut dia terkadang memiliki perasaan menyayangi sangat berlebihan kepada hewan piaraanya itu, apalagi bila Anjingnya itu dipiara sejak dari kecil hingga dewasa.(gus).

34 komentar:

Anonim mengatakan...

ada yang jual anak anjing ras yang baru lahir di batam? 0819 80 7778

Yanto Leo mengatakan...

bagi yang butuh dog food bisa hubungi saya terutama lokasi di Batam pin BB 79682A40, ada Royal Canin, Acana, Blackwood, dll Bagi yg di batam tersedia jasa antar lsg untuk lokasi daerah nagoya dan sekitarnya..

Unknown mengatakan...

Yang jual anakan siberian husky bisa call saya ato sms saya di 081399288685..thx

Unknown mengatakan...

Kalo ada yg jual american pitbull anakan hub sy ke no 081343400444

IAKPM Batam mengatakan...

Saya pecinta anjing di batam center, mau bawa anjing saya untuk suntik dan mengawinkan, ada saran dimana?

Unknown mengatakan...

Saya Ada pak, cari Saya di facebook Edward hernando

Anonim mengatakan...

ada yang jual pupies english buldog hubungi saya!!!
chandra 085765066303 cod Bt aji!!!

Anonim mengatakan...

ada yg cari anakan siberian husky hubungi saya
samsul 0895331528283

Anonim mengatakan...

Saya mau beli mini pom betina. hub saya : 08117048688 / 089695674389

Lyus mengatakan...

Ada yg jual baby poodle jantan hub saya : 08566602662

Unknown mengatakan...

Ada yang jual baby mini pom jantan hubungi saya 087810091777

Unknown mengatakan...

Ada yg jual pitbull hub saya 085365125151

Unknown mengatakan...

Ada yg jual pitbull hub saya 085365125151

erAjenk mengatakan...

Saya cari husky puppy, hub 082260440667

Unknown mengatakan...

Lagi Cari anjing Jenis mix n size kecil
Harga murah or free adopt
Lokasi Batam
Thanks

Unknown mengatakan...

Lagi Cari anjing Jenis mix n size kecil
Harga murah or free adopt
Lokasi Batam
Thanks

Joe mengatakan...

Saya berminat 081275401374

Unknown mengatakan...

Ada yg mau hibah Kan anak anjing nya gak ? Saya bersedia
Lokasi batam-bengkong

Unknown mengatakan...

Ada yang bersedia hibah kan anak anjing poddle nya ?
Saya siap
Lokasi di btam
Bagi yg ada bisa hub:087764205519(wa)

Unknown mengatakan...

Kalau Ada yg Mau hibahkan anak Siberian hunsky , tolong hubungi saya
Saya pngen sali pelihara anjing tu
Tapi Mau beli tak punya duit

Unknown mengatakan...

Saya punya anjing pitbull betina mau aku kawain kan tolongdong yg punya jantan kontak saya 081277334422.galung

Unknown mengatakan...

Mohon info yg jual anakan sendirian Husky,,,, 082110744459 ,,, utamakan di bawah 3 bulan

Unknown mengatakan...

Ada yang bersedia hibah kan anak anjing poddle/pug nya ?Saya siap dan ingin sekali untuk teman di rumah.Lokasi di btam centre (dekat sekolah Mondial).
bisa hub saya di :0813 80 250 385 (tlp/wa)
xie xie

Unknown mengatakan...

Yang jual anakan american bully hub saya wa 085269929930

Unknown mengatakan...

Berapa harganya

Unknown mengatakan...

Ada yg mau hibahkan anakan pitbullnya gk..saya bersedia
081268721237

Unknown mengatakan...

Saya sudah lama pengen melihara anakan pitbull tapi saya gk punya danan buat belinya..

Unknown mengatakan...

Apakah ada yang bersedia hibahkan anak anjingnya ? Yang Siberian husky
Hubungi saya : 0895-0823-9441 (WA)
Thanks

alphonso mengatakan...

Saya cari anak anjing mini pom sekitar batam. Kalau ada wa 082388470046

Velicia Stefany mengatakan...

Yang menjual anak anjing samoyed ras murni daerah batam tlg contact saya di WA : 081275279504. Thankyou

elvi yanti mengatakan...

yang menjual anjing puddle,minipom atau shitzu hubungi nomor 088261183148
lokasi tiban

Unknown mengatakan...

Saya suka plihara anjing yg berbadan besar, anjing kampungpun tdk masalah untuk jaga rumah. Klu ada hubungi saya 081276383166

Unknown mengatakan...

Saye paling suka anjing,, untuk jaga rumah,,, karena otak otak tetangga seperti monyeet

Anonim mengatakan...

Ada yg mau atau hibah kn anjing chuahua saya mau pelihara dan beli..tolong kasih tau ia..