Senin, 20 Desember 2010

Kunci Sukses BRA. Mooryati Soedibyo



Usaha awalnya dimulai dari membuat jamu beras kencur di rumahnya, lalu Mooryati Soedibyo membuat inovasi dengan mengembangkan berbagai produk jamu dan kecantikan hingga akhirnya dia mendirikan perusahaan PT Mustika Ratu Tbk yang saat ini benar benar menjadi ratu untuk produk jamu dan kecantikan tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara.



"Human resource atau sumber daya manusia sangat penting dalam menjalani bisnis keluarga agar tetap sukses," katanya.

Menurut Mooryati, untuk membangun suatu usaha hingga sukses lebih mudah dibanding harus mempertahankannya, terlebih usaha yang dijalani merupakan bisnis keluarga. Pasalnya, berdasarkan informasi hanya 5,0 persen perusahaan keluarga di Indonesia yang bershasil menjadi besar dan menjadi perusahaan multinasinal sedangkan 40 persen hanya mampu bertahan dan sebagian besar atau 50 persen justru tidak berhasil mempertahankan bisnisnya.

Hal yang paling sulit untuk mempertahankan bisnis keluarga adalah saat suksesi kepemimpinan atau regenerasi berikutnya, yang mana Mustika Ratu saat ini sedang memasuki generasi yang kedua.

Menurutnya, dalam suksesi kepemimpinan di perusahaan keluarga tidak semua perusahaan menurunkan kepemimpinan bisnisnya pada anak pertama. Itu bisa dilihat dari sejumlah perusahaan yang ada seperti Bosowa Group yang suksesi kepemimpinannya diambil alih oleh anak tertua Aksa Mahmud, sementara Garuda Food justru suksesi jatuh ke tangan anak yang ke-12, sementara pemilik Lippo James Riady mewariskan kepemimpinan bisnisnya pada anaknya yang kedua dari tujuh bersaudara.

Mengenai kunci suksesnya dalam membangun kerajaan bisnis jamu dan produk kecantikan, Mooryati bercerita bahwa untuk menjadi sukses seperti saat ini setiap orang harus bekerja dengan ikhlas dan tekun seperti yang dilakoninya selama ini dalam memproduksi jamu dan produk kecantikan adalah untuk melestarikan budaya Indonesia khususnya Jawa.

“Apa yang menonjol yang baik jangan sampai punah dan hilang tanpa bekas. Sesuatu yang merupakan tradisi/heritage budaya Indonesia yang perlu dilestarikan dan digunakan oleh masyarakat untuk dimanfaatkan. Sebab untuk itu saya sangat konsisten dalam menjadi founder dan bidang usahanya Mustika Ratu yang bergerak di bidang sarana kesehatan dan kecantikan, busana dan disebarluaskan ke masyarakat luas,” katanya.

Selain itu, dia juga tidak pernah putus asa, gigih, disiplin, inovatif dan pekerja keras tanpa kenal lelah. Namun selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepadanya dan keluarga.

Faktor tenaga kerja atau sumber daya manusia juga harus diperhatikan karena tanpa SDM yang berkualitas maka usaha akan hancur. Untuk itu, Mooryati senantiasa meningkatkan kemampuan staf dan pekerja dengan menyelenggarakan training, bimbingan dan lain-lain agar trampil sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Setelah kualitas pekerja ditingkatkan, maka kebutuhan materinya juga perlu ditingkatkan dengan memberi gaji yang layak agar pekerja tersebut bisa mencurahkan tenaga dan waktunya secara optimal dalam bekerja. (gus).

Tidak ada komentar: